Thursday 24 July 2014

Samarinda Kota Tepian

Samarinda adalah salah satu kota sekaligus ibukota provinsi Kalimantan Timur.  Asal muasal kota samarinda  berasal dari kata samarenda yang lama kelama’an ejaannya berubah menjadi samarinda.  Kata ini mulanya ditujukan untuk melambangkan bahwa tidak ada perbeda’an derajat baik bangsawan atau tidak, semua sama derajatnya karena berada di sekitar lokasi muara sungai yang berulak dan kiri dan kanan sungai atau rendah.  Silahkan baca untuk mendalami sejarah kota samarinda.
Samarinda juga dikenal sebagai kota Tepian karena memang letak kota ini dikelilingi oleh sungai Mahakam yang membentang dari hulu ke hilir. Samarinda punya berbagai objek wisata yang menarik dan tentunya wajib dikunjungin.
Pertama, Mesjid Islamic Centre atau kini bernama mesjid baitul muttaqien. Mesjid ini terletak di kelurahan Karang asam, Samarinda ilir, Samarinda Kalimantan timur. Mesjid ini masih menduduki peringkat kedua sebagai mesjid terbesar di Indonesia setelah mesjid istiqlal Jakarta.  Tempat yang cocok buat buat mendekatkan diri kepada allah seraya mengaggumi mahakarya mesjid yang sagat megah ini. Selain itu kita juga bisa melihat keindahan kota dari menara asma’ul husna yang berada disini. Subhanallah
Buat yang ingin wisata keluarga jangan lupa mampir ke tepian Mahakam yang ada di dekat jembatan Mahakam, banyak permainan yang dapat memanjakan anda dan keluarga dan tentu saja hemat dikantong.
Selain itu juga jangan lupa mampir ke tepian yang ada didepan kantor gubernur, disini dapat dijumpai berbagai macam lampion lampion yang indah dan menarik yang cocok banget buat dijadikan objek foto bareng buat kenang-kenangan. Kita juga bisa menikmati syahdunya suasana sungai Mahakam malam hari didua tempat iniloh.
Jangan lupa juga untuk bertamasya sambil belajar serta peduli terhadap lingkungan di kebun Raya Samarinda untuk mengenalkan betapa pentingnya kesadaran terhadap makhluk hidup yang lain. Disini kita dapat menjumpai berbagai macam satwa seperti orang utan, Uwa-uwa, dan berbagai macam flora dan fauna yang lain. Selain itu juga terdapat berbagai sarana permainan untuk sekeluarga. Namun sayangnya banyak satwa disini yang nampaknya kurang terurus dan terawat dengan baik, hal ini tentu perlu menjadi pertimbangan serius untuk pengurus terkait guna memperhatikan kondisi satwa yang berada didalamnya guna meningkatkan intensitas wisatawan untuk berkunjung.
Selain ketiga tempat tadi, kini juga hadir taman cerdas, letaknya berada didekat rumah walikota Samarinda yaitu di Jl. Letjend S. Parman. Di disini ada banyak patung patung dari karakter kesuka’an anak anak seperti mickey mouse, hello kity, minion hingga Doraemon. Disini juga terdapat arena bermain untuk anak  anak serta keluarga. Disini biasanya sering menjadi ajang tempat berkumpul muda mudi dan keluarga. Baik bermain Skateboard, berlahraga, sebagainya maupun wadah melepas penat.

 

2 comments:

Saphira's said...

Tempat favorit gue ya di Islamic Center. enak, adem di sana.

oiya, nambah dikit yak, gue suka blog nya. Nggak sengaja gue nyasar di sini. Dan alhasil gue ketemu blog nggakjelas-terkeren yang pernah gue liat. top dah. hehhe

gunagami said...

Gwahahaha makasih banget. Wah pernah main kesana ya. Iya. Diislamic asik ntuh mayan buat ngadem.
Wah makasih banget pujiannya. Tapi sayang udah jarang update. Gwahaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...