Tuesday 7 May 2013

Bangkitlah Desainer Grafis Indonesia



Bahkan Van gogh pun. :(
Gw mungkin memang bukan ahlinya dalam urusan desain dan banyak karya-karya gw yang lebih pantas dikategorikan sebagai sampah visual yang bikin ahli desain mendadak berubah jadi cyclop di pelem X-MEN saking merahnya mata mereka gara-gara ngeliat karya-karya gw. Tapi berhubung ini adalah bulanya kebangkitan nasional maka ijinkanlah gw mewakili diri gw pribadi berkoar sebagai seseorang yang bercita-cita sebagai desainer grafis demi kemajuan desain di Negara kita yang tercinta ini. karena jujur gw mulai rada resah dengan desain-desain yang berada di sekitar gw. Entah kenapa, gw merasa ada banyak hal yang mesti dibenahin. Gw merasa sepertinya para desainer disekitar gw seperti diperas oleh oknum-oknum berduit, mereka seperti terpenjara dalam suatu gaya desain yang sebenarnya memuakan. Contohnya, coba liat tiap dekat-dekat menjelang pemilu, pasti jalan dimanapun loe berada bakalan dipenuhin oleh jidat-jidat  caleg dengan expresi sok serius dan penuh ambisi macam pose band-band metal Indonesia. Gw jadi bingung sebenernya mereka mau mensejahterakan rakyat atau mau konser headbang.
Jangan Dicontoh.
 Gw juga bingung, kenapa spanduk-spanduk di suatu tempat wisata pada sebuah kota mesti lebih menonjolkan sosok gubernurnya.? Buat menyambut wisatawan.?  Gw lebih setuju seandainya para wisatawan itu disambut oleh suatu mascot kebangga’an kota tersebut. Misalnya gw ambil contoh adalah samarinda, gw bakalan membuat mascot pesut buat menyambut para wisatawan dangan gaya yang ramah dan tentu saja imuuuut. Dan pastinya para wisatawan bakalan tertarik memiliki mascot tersebut sebagai oleh-oleh.  Hal ini juga bakalan membuka peluang bisnis buat para pengrajin untuk menjadikan mascot ini sebagai bahan dagangan mereka. Coba bayangin apa jadinya kalo spanduk tersebut lebih menampilkan sosok gubernurnya. Apakah para wisatawan akan tertarik untuk menjadikan boneka gubernur sebagai oleh-oleh..?? Apakah ada para pengrajin yang akan menjadikan boneka gubernur mereka sebagai bahan dagangan..?? Trust me, Kalian pasti udah tau jawabannya.
Gw gak tw siapa yang salah, kita seperti udah didoktrin bahwa desain yang menarik adalah desain yang lebih menonjolkan sosok manusia. Liat aja spanduk iklan pinggir jalan. Lebih banyak nampilin cewek-cewek seksi guna menarik perhatian. Padahal logika gw berkata itu adalah salah besar. Kenapa..?? coba bayangin seandainya ada sebuah poto dimana ada sekelompok cewek cantik dan sekseh dan disusupin seorang cewek jelek berbadan gendut ditengah-tengah mereka. Manakah yang bakalan pertama kali dilihat..?? tentu cewek jelek, kenapa..?? padahal bukanya disana ada para cewek-cewek cantik..?? simple, karena cewek jelek itu terlihat berbeda, dan sesuatu yang berbeda cendrung lebih menarik. Bener gak..?? bener dong. :D
Jadi desain yang menarik bukan sekedar desain yang terpaku akan sesuatu yang telah ada, karena selera manusia cendrung berubah-ubah dan lebih cepat bosan. Menurut gw desain yang menarik adalah desain yang berbeda dari kebanyakan dan cendrung berinovasi. Bukankah Negara kita dikenal karena perbeda’annya.?? Masih ingat bhineka tunggal ika kan..?? awas sampe kagak.
So memalui postingin ini gw pengen agar para desainer Indonesia dan samarinda pada khususnya untuk bangkit dari kemonotonan gaya desain kita. Mungkin gw gak sepantasnya berkoar selantang ini karena siapalah gw..?? hanya seorang yang bermimpi menjadi desainer grafis. Gw ibarat sebuah kerrykill diantara juta’an beton. Tapi taukah kamu bahwa di sebuah Negara di jajirah arab sana kerrykill mampu mengalahkan sebuah apache.??  Lantas kenapa loe gak memberanikan diri menjadi sebuah kerrykill yang mampu mengalahkan apache.??
Ebuset, kenapa loe serius amat..?? Biasa aja kali nanggapinya.
Salam enjoy.!!  :D

Enjoy.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...